Azizah, Isnaenatul (2025) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Fitur Layanan dan Keamanan Terhadap Efektivitas Penggunaan BSI Mobile Sebagai Transaksi Keuangan Digital pada Generasi Z di Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4221035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (725kB) |
![]() |
Text
4221035_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
Abstract
Salah satu cara perbankan berkontribusi terhadap perkembangan teknologi digital yaitu dengan menghadirkan Mobile Banking sebagai aplikasi yang dapat melayani transaksi keuangan digital dan dapat diakses melalui smartphone. Bank Syariah Indonesia dalam perkembangannya menghadirkan layanan secara digital yaitu aplikasi BSI Mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, fitur layanan, dan keamanan terhadap efektivitas penggunaan BSI Mobile sebagai transaksi keuangan digital pada generasi Z di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini yaitu generasi Z pengguna BSI Mobile di Kabupaten Pemalang dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan tidak berpengaruh terhadap efektivitas penggunaan BSI Mobile sebagai transaksi keuangan digital pada generasi Z di Kabupaten Pemalang. Sedangkan fitur layanan dan keamanan berpengaruh terhadap efektivitas penggunaan BSI Mobile sebagai transaksi keuangan digital pada generasi Z di Kabupaten Pemalang. Kemudian secara simultan persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, fitur layanan, dan keamanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap efektivitas penggunaan BSI Mobile sebagai transaksi keuangan digital pada generasi Z di Kabupaten Pemalang. Kata Kunci : persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, fitur layanan, keamanan dan efektivitas ABSTRACT ISNAENATUL AZIZAH. The Influence of Perceived Ease, Perceived Usefulness, Service Features and Security on the Effectiveness of Using BSI Mobile as a Digital Financial Transaction for Generation Z in Pemalang Regency. One way that banking contributes to the development of digital technology is by presenting Mobile Banking as an application that can serve digital financial transactions and can be accessed via smartphones. Bank Syariah Indonesia in its development presents digital services, namely the BSI Mobile application. The purpose of this study was to determine the influence of perceived ease, perceived usefulness, service features, and security on the effectiveness of using BSI Mobile as a digital financial transaction for generation Z in Pemalang Regency. This study is a type of comparative causal research. The data collection method in this study is the questionnaire method. The population in this study was generation Z BSI Mobile users in Pemalang Regency with a sample of 100 respondents using a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. This study uses descriptive data analysis methods, instrument tests, classical assumption tests and multiple linear regression analysis with the help of SPSS 25. The results of this study indicate that perceptions of ease and perceptions of usefulness do not affect the effectiveness of using BSI Mobile as a digital financial transaction for generation Z in Pemalang Regency. While service and security features affect the effectiveness of using BSI Mobile as a digital financial transaction for generation Z in Pemalang Regency. Then simultaneously perceptions of ease, perceptions of usefulness, service features, and security together have a significant effect on the effectiveness of using BSI Mobile as a digital financial transaction for generation Z in Pemalang Regency. Keywords: perception of ease, perception of usefulness, service features, security and effectiveness
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, fitur layanan, keamanan dan efektivitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |