. Efektivitas Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang

UNSPECIFIED (2020) . Efektivitas Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya siswa yang kurang menyukai pembelajaran IPA dikarenakan cara belajar yang menoton, dan hanya sering membaca serta mendengarkan guru saat proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu model pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang?, 2) Apakah model project based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada Kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang, Untuk mengetahui efektifitas model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Eksperimen Kuasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang dengan jumlah 2 Kelas yaitu kelas V A dan kelas V B yang masing-masing kelasnya berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan non-tes yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik uji analisis non-parametrik Mann Whitney Test Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model project based learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang dapat membuat siswa lebih fokus, kreatif dan aktif sehingga siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif serta bervariasi dan siswa mencoba mempraktekan dengan membuat suatu karya yang berhubungan dengan materi sistem organ pada manusia. Model project based learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas yang menggunakan model project based learning sebesar 82,30 dan rata-rata yang tidak menggunakan model project based learning sebesar 68,84. Berdasarkan uji Mnn Whitney jika nilai Asymp.Sig.<0,05, maka hipotesis diterima kemudian apabila nilai Asymp.Sig.>0,05, maka hipotesis ditolak. Pada penelitian ini menghasilkan nilai Asymp.Sig. sebesar 0,003. Jadi nilai Asymp.Sig. 0,003 <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas V MI Darul Ulum Kauman Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauyan, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:49
Last Modified: 04 Jun 2021 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item