Analisis Kemampuan Berpikir Kombinatorial Siswa Pada Materi Bilangan Dengan Memanfaatkan Pelabelan Graf Dalam Implementasi Pendekatan Open Ended

Istifada, Fina (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kombinatorial Siswa Pada Materi Bilangan Dengan Memanfaatkan Pelabelan Graf Dalam Implementasi Pendekatan Open Ended. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621019__Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621019__FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2621019_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berpikir kombinatorial adalah keterampilan penting dalam pendidikan matematika yang memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi beberapa solusi untuk masalah yang diberikan. Pendekatan terbuka (Open Ended) adalah salah satu terobosan/cara yang dapat digunakan untuk membantu kemampuan berpikir kombinatorial agar semakin meningkat. Pendekatan Open Ended memiliki tujuan dalam pembelajaran yaitu sebagai upaya memberikan dorongan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah menggunakan berbagai solusi dan menciptakan interaksi interaktif antara matematika dan siswa. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kombinatorial dapat memanfaatkan salah satu topik dalam kombinatorial yaitu pelabelan graf pada teori graf. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kombinatorial siswa pada materi bilangan dengan memanfaatkan pelabelan graf dalam implementasi pendekatan Open Ended, menganalisis pemanfaatan pelabelan graf dalam materi bilangan terhadap kemampuan berpikir kombinatorial siswa, serta menganalisis respon siswa terhadap penerapan pendekatan Open Ended. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method research) dengan pendekatan penelitian concurrent embedded. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang dgunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N 01 Pekalongan, dengan sampel penelitian yang berjumlah 33 siswa. Teknik sampling data kuantitatif yang digunakan adalah cluster random sampling dan data kualitatif dengan purposive sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS 26. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan paired sample t-test dan data kualitatif menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kombinatorial siswa kelas VII MTs N 01 Pekalongan setelah diberikan pembelajaran materi bilangan dengan memanfaatkan pelabelan graf dalam implementasi pendekatan Open Ended berada pada rentang yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil Pre-Test dan Post-Test yang mengalami peningkatan pada 90,09% siswa, serta hasil uji statistik deskriptif menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Pelaksaan pembelajaran materi bilangan dengan memanfaatkan pelabelan graf berpengaruh baik terhadap kemampuan berpikir kombinatorial. Hasil observasi selama pembelajaran menyatakan bahwa rangkaian pembelajaran melibatkan penggunaan pelabelan graf dalam penyampaian materi bilangan. Kemudian, dilihat dari hasil pengerjaan LKPD Pelabelan Graf, siswa mampu menyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan pelabelan graf dengan baik dan benar. Didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan pembelajaran dengan berbantuan LKPD Pelabelan Graf. Respon siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan Open Ended ada pada rentang yang baik. Dilihat dari hasil wawancara perwakilan siswa dari masing-masing kategori yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open Ended berlangsung secara menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni Lilia199306222019032020-
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kombinatorial, Pelabelan Graf, Pendekatan Open Ended
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jun 2025 04:10
Last Modified: 19 Jun 2025 04:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item