Indah, Ainul (2020) Upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai karakter islami siswasdn Banyurip Ageng Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan komponen pendidikan yang sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Kualitas kepala sekolah sangat mempengaruhi dalam berbagai aspek yang ada di sekolah, salah satunya adalah dalam penanaman nilai karakter Islami bagi siswa. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1).Pelaksanaan penanaman nilai karakter Islami di SDN Banyurip Ageng Kota Pekalongan(2) upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan penanaman nilai karakter Islami bagi siswa di SDN Banyurip Ageng Kota Pekalongan dan (3) factor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah dalam pelaksanaan penanaman nilai karakter Islami bagi siswa di SDN BanyuripAgeng Kota Pekalongan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif.Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dansiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar kuesioner untuk siswa dan dokumentasi.Data analisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) pelaksanaan penanaman nilai karakter Islami siswa SDN BanyuripAgeng Kota Pekalongan melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan maupun dengan kegiatan keagamaan. (2) upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai karakter Islami di SDN Banyurip Ageng Kota Pekalongan adalah dengan melalui penanaman nilai religius, jujur, disiplin, toleransi, cintatanah air, sikap menghargai sesama, peduli kepada sesama, peduli lingkungan, dan tanggung jawab sebagai bentuk dari penerapan konsep hablumminallah dan hablumminannas. Nilai karakter Islami tersebut ditanamkan melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari dan kegiatan keagamaan dan juga menunjukkan bahwa (3) factor pendukung upaya kepala sekolah dalam penanaman nilai karakter Islami siswa meliputi guru, lingkungansekolah, sarana prasarana, serta kegiatan yang sudah terpogram, sedangkan untuk factor penghambat upaya kepala sekolah dalam penanaman nilai karakter Islami siswa meliputi orang tua siswa, gadget dan media sosial, tayangan televisi, lingkungan luars ekolah. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa upaya kepala sekolah dalam pelasanaan penanaman nilai karakter Islami siswa di SDN Banyurip Ageng Kota Pekalongan sudah terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | UpayaKepalaSekolah, NilaiKarakterIslami | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:05 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
View Item |