Implementasi Kegiatan Outbound Untuk Menumbuhkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Aryani, Azka Khoiriyah (2025) Implementasi Kegiatan Outbound Untuk Menumbuhkan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421020_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2421020_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dari latar belakang pendidikan karakter sebagai salah satu pusat perhatian bagi pertumbuhan anak dengan kemampuan yang dimiliki. Melalui kegiatan outbound yang di lakukan anak secara nyata untuk mengetahui secara detail bagaimana anak memiliki sikap mandiri tanpa bergantung dengan orang lain. Peneliti memilih tempat RA Muslimat NU Semut untuk dijadikan tempat penelitian karena tempat ini terdapat permasalahan yang relevan dengan masalah yang ingin diteliti. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya anak yang dalam kegiatan maupun pembelajaran masih bergantung pada orang tua maupun gurunya. Berdasakan uraian latar belakang di atas maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mendeskripsikan implemetasi kegiatan outbound untuk menumbuhkan karakter pada anak usia dini di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, (2) Mendeskripsikan pertumbuhan karakter mandiri pada anak usia dini di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field risearch) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, observasi di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, serta dokumentasi hasil kegiatan outbound. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil dari penelitian adalah ; Pertama, implementasi kegiatan outbound untuk menumbuhkan karakter mandiri pada anak usia dini di RA Muslimat NU Semut dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap persiapan memuat bagaimana seorang pendidik mempersiapkan kegiatan berupa permainan kegiatan yang akan dilakukan, pendidik juga menentukan waktu serta tempat kegiatan dan pendidik menyiapkan alat bahan yang akan digunakan. Tahap pelaksanaan yang memuat pendidik membagikan kelompok bermain serta menjelaskan bagaimana aturan dalam bermain. Dan untuk tahap evaluasi yaitu memuat penilaian dari seorang pendidik terhadap pencapaian perkembangan anak. Kedua, pertumbuhan karakter di RA Muslimat NU Semut, anak-anak usia dini mengalami pertumbuhan karakter mandiri yang signifikan. Mereka menjadi lebih percaya diri dan berani menghadapi tantangan, serta mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam mengatasi rintangan dan mengambil keputusan sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAini, RofiqotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kegiatan Outbound, Menumbuhkan Karakter Mandiri, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:39
Last Modified: 02 Jul 2025 03:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

View Item View Item