Maula, Nala Ni’matul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Bamboozle Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di MIS NU Al-Utsmani Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321086_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2321086_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2321086_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA tingkat sekolah dasar bertujuan sebagai langkah awal dalam membantu peserta didik mengembangkan pemahaman dasar tentang sains dan lingkungan. Walaupun demikian, pembelajaran IPA juga bertujuan mengasah keterampilan abad ke-21, khususnya keterampilan kolaborasi. Namun, faktanya keterampilan kolaborasi peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah, tampak dari minimnya interaksi, komunikasi, dan kontribusi dalam kerja kelompok. Rendahnya keterampilan ini diduga kuat disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang mendorong interaksi kolaboratif dan pemanfaatan media pembelajaran yang terbatas. Untuk mengatasi permasalahan ini, diajukan alternatif solusi berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang memanfaatkan media pembelajaran interaktif untuk menunjang aktivitas kolaboratif yaitu game edukasi Baamboozle.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adakah perbedaan keterampilan kolaborasi peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan bamboozle, serta menganalisis adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan bamboozle terhadap keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran IPA kelas IV MIS NU Al-Utsmani. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental berupa Nonquivalent Control Grup Design. Sampel penelitian berjumlah 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket keterampilan kolaborasi pre-test dan post-test. Berdasarkan pengolahan data yang didapatkan dengan menggunkan uji-t yaitu uji Independent Sample T-Test, dan diperoleh nilai signifikansi two-sided 0,001 yang berarti 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis diambil keputusan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya perbedaan signifikansi rata-rata skor keterampilan kolaborasi peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan bamboozle terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV MIS NU Al-Utsmani.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournmaent (TGT), Bamboozle, Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran IPA | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:10 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |