Khasanah, Ulima Nur (2025) Penerapan Media Card Sort Dalam Pembelajaran Mufrodat Al-Bait di Kelas VII MTs Salafiyah Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221062_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
2221062_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Salafiyah Kedungwuni Pekalongan, khususnya pada materi mufrodat (kosakata). Selama ini, proses pembelajaran masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru, sehingga komunikasi bersifat satu arah. Hal ini berdampak pada menurunnya motivasi, antusiasme, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam memahami makna mufrodat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif untuk menerapkan media pembelajaran Card Sort sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, aktif, dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media Card Sort dalam pembelajaran mufrodat tema Al-Bait di kelas VII MTs Salafiyah Kedungwuni Pekalongan, serta untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Card Sort mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa tampak lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir. Selain itu, media Card Sort juga terbukti efektif dalam membantu siswa memahami mufrodat secara lebih menyenangkan dan mendalam. Hasil belajar siswa meningkat, baik dari segi aspek kognitif (pemahaman konsep), afektif (minat dan sikap positif terhadap pelajaran), maupun psikomotorik (kemampuan mengelompokkan dan mencocokkan kata dengan cepat dan tepat). Dengan demikian, penggunaan media interaktif Card Sort dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya pada materi mufrodat, dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Card Sort, Mufrodat, Hasil Belajar. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:19 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |