Fitri, Nur Fairuza Mafazul (2025) Transformasi Kurikulum 2013 (K13) Ke Kurikulum Merdeka Studi Kasus Beban Kerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Smp Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121225_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text
2121225_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2121225_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis dampak dan adaptasi guru PAI di SMP Negeri 3 Doro terhadap transisi Kurikulum Merdeka. Fokusnya adalah memahami bagaimana guru menghadapi tuntutan kurikulum baru yang menekankan Profil Pelajar Pancasila dan pembelajaran berdiferensiasi di tengah implementasi kurikulum ganda dan kebutuhan fasilitas. dari sinilah penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian di SMP Negeri 3 Doro untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan di UIN K.H Abdurrahmana Wahid Pekalongan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Rumusan Masalah yang Penelitian ini antara lain Adalah, 1) Bagaimana Dampak Transformasi Kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka terhadap guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Doro Kabupaten Pekalongan?. 2) Apa tantangan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka setelah peralihan dari Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Doro?, 3) Bagaimana strategi meningkatkan Kualitas Guru PAI Terhadap Transformasi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka? Jenis penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian langsung) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena sosial yang terjadi di lapangan melalui interaksi langsung dengan subjek penelitian. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Dengan pendekatan ini, peneliti dapat menggali Informasi yang dimiliki oleh informan, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori dan praktik di bidang yang diteliti, serta memberikan rekomendasi yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah Di SMP Negeri 3 Doro, Kurikulum Merdeka (KM) menunjukkan bahwa guru PAI menjadi lebih fleksibel dan kreatif, dengan fokus pada memahami nilai agama dan karakter siswa secara mendalam. Ini menghasilkan respons positif dan peningkatan minat belajar siswa, dan guru menjadi lebih profesional. Peserta didik juga lebih terlibat dalam pelatihan.Namun, kebingungan berdiferensiasi, tugas administrasi baru, dan keterbatasan fasilitas menimbulkan masalah. Untuk mengatasi masalah ini, guru aktif mengikuti pelatihan, belajar mandiri, mendapatkan dukungan dari kepala sekolah, dan sekolah berupaya meningkatkan fasilitas. Ini menunjukkan bagaimana guru PAI berubah untuk membantu Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tranformasi, Kurikulum Merdeka, Beban Kerja Guru | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:09 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |