Pengaruh Literasi Digital, Kelompok Referensi, Social Media Marketing, dan Digitalisasi Pelayanan Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Produk BSI KC Pekalongan Pemuda

Kartikasari, Kartikasari (2025) Pengaruh Literasi Digital, Kelompok Referensi, Social Media Marketing, dan Digitalisasi Pelayanan Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Produk BSI KC Pekalongan Pemuda. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221103_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221103_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4221103_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

KARTIKASARI. Pengaruh Literasi Digital, Kelompok Referensi, Social Media Marketing, dan Digitalisasi Pelayanan Terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Produk BSI KC Pekalongan Pemuda Perkembangan industri perbankan syariah mengalami kemajuan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir termasuk di wilayah Pekalongan. Pasalnya, jumlah lembaga perbankan syariah di wilayah Pekalongan terus meningkat dan diproyeksikan akan tetap terus bertambah di masa mendatang. Namun, meskipun perbankan syariah mengalami kemajuan yang pesat, minat generasi Z terhadap lembaga perbankan syariah justru masih rendah. Generasi Z tampaknya belum melihat bank syariah sebagai pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel literasi digital, kelompok referensi, social media marketing, dan digitalisasi pelayanan terhadap minat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 97 responden. Subjek dalam penelitian ini adalah generasi Z dan penelitian dilakukan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pekalongan Pemuda. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat SPSS for Windows versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital, kelompok referensi, social media marketing, dan digitalisasi pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk BSI KC Pekalongan Pemuda secara parsial. Kemudian dilihat secara simultan, literasi digital, kelompok referensi, social media marketing, dan digitalisasi pelayanan juga berpengaruh secara signifikan terhadap minat generasi Z dalam menggunakan produk BSI KC Pekalongan Pemuda. Kata kunci: Literasi Digital, Kelompok Referensi, Social Media Marketing, Digitalisasi Pelayanan, dan Minat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Kelompok Referensi, Social Media Marketing, Digitalisasi Pelayanan, dan Minat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:53
Last Modified: 01 Jul 2025 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13828

Actions (login required)

View Item View Item