Nihlah, Sevia Afiatul (2025) Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Muslimat Nu Jajarwayang Kecamatan Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2420071_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2420071_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2420071_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hak setiap warga negara yang sudah dijamin oleh negara, sehingga memberikan pendidikan yang layak kepada para siswanya merupakan tugas setiap pendidik. Tidak hanya memberikan pendidikan berupa pengetahuan yang sudah tercantumkan didalam kurikulum, pendidik juga harus memikirkan bagaimana cara untuk membagun pondasi karakter dan moral para siswanya berdasarkan norma yang berlaku. Salah satu hal yang menjadi fokus adalah pemberian motivasi untuk meningkatkan minat belajar anak-anak, terutama anak usia 5-6 tahun. Pemberian motivasi dengan landasan agama menjadi pilihan utama, karena selain bisa meningkatkan motivasi belajar, tetapi sekaligus memberikan benteng keimanan kepada para siswa. Hal ini yang menjadi latar belakang dalam pentingnya pendidikan agama sejak usia dini pada pembiasaan Asmaul Husna dimana motivasi belajar anak terhadap materi keagamaan yang bersifat pembelajaran dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembacaan Asmaul Husna melalui media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia 5–6 tahun. Rumusan masalah ini yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembacaan Asmaul Husna dengan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU Jajarwayang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi pembacaan asmaul husna melalui media audio visual di RA Muslimat NU Jajarwayang Bojong Pekalongan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B di salah satu taman kanak-kanak di lokasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode lapangan ( field researh ) yang memanfaatkan pendakatan kualitatif .sumber data yang digunakan yakni berasal dari data pimer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan berupa observasi kegiatan disekolah proses wawancara kepala sekolah dan guru kelas, dokumentasi. teknik keabsahan data melalui cara melakuan perpanjang pengamatan melakukan triangulasi sumber dan triangulasi metode. analisis data dengan menggunakan langkah berupa pengumpulan data reduksi data yang telah dikumpulkan, penyajian data dan kemudian melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembacaan Asmaul Husna dapat meningkatkan motivasi belajar anak, yang terlihat dari peningkatan keaktifan, perhatian, serta ketertarikan anak selama proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Asmaul Husna, media audiovisual, motivasi belajar, anak usia dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Asmaul Husna, media audiovisual, motivasi belajar, anak usia dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:45 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 06:45 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |