Pengaruh Brand image, Product Innovation Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Abror, Himam (2025) Pengaruh Brand image, Product Innovation Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4118104_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4118104_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4118104_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

HIMAM ABROR. 2025. PENGARUH BRAND IMAGE, PRODUCT INNOVATION DAN WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK ES TEH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Fenomena meningkatnya konsumsi produk es teh di Kec.Kabupaten Pekalongan sejak tahun 2021 menjadi dasar utama dalam penelitian ini. Meningkatnya tren es teh yang dijual di pinggiran jalan menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi pelaku usaha. Hal ini menuntut adanya strategi pemasaran yang efektif guna menarik minat beli konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana brand image, product innovation, dan word of mouth memengaruhi purchase intention konsumen dalam memilih produk es teh, dengan mempertimbangkan nilai-nilai ekonomi Islam seperti kejujuran, keberkahan, dan etika bisnis yang adil dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner terhadap konsumen produk es teh di Kec. Kabupaten Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah saturated sampling, dengan analisis data yang melibatkan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji t, uji F dan koefisien determinasi. Pemilihan rumus dan metode ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial maupun simultan pengaruh ketiga variabel bebas terhadap niat beli, serta untuk mengukur seberapa besar kontribusi masing-masing faktor dalam membentuk perilaku konsumen secara empiris dan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand image, product innovation, dan word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention produk es teh. Secara simultan, ketiganya memberikan kontribusi sebesar 47,1% terhadap variabel purchase intention. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku usaha agar terus memperkuat citra merek, berinovasi sesuai tren, serta memaksimalkan kekuatan rekomendasi konsumen sebagai strategi pemasaran yang sejalan dengan prinsip syariah seperti kejujuran, keadilan, dan kepedulian terhadap konsumen,diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan praktis dan teoritis dalam pengembangan industri minuman es teh yang etis, berdaya saing, dan berkah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Product Innovation , Word Of Mouth ,Purchase Intention
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Himam Abror
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:08
Last Modified: 03 Jul 2025 06:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item View Item