Iffatunnajah, Iffatunnajah (2025) Penerapan Metode Storytelling dalam Meningkatkan Mahārah Al-Kalām Siswa di Kelas V MINU Buaran. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321152_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
2321152_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
Abstract
Mahārah Al-Kalām merupakan salah satu kompetensi dalam pembelajaran Bahasa arab yang melatih siswa untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan secara lisan dengan baik dan benar. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah metode Storytelling. Dalam penelitian ini difokuskan pada pembelajaran bahasa arab kelas 5 di MINU Buaran yang menggunakan metode Storytelling. Namun, efektivitas penerapan metode ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat beberapa rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara (mahārah al-kalām) pada pembelajaran bahasa arab kelas 5 MINU Buaran? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan mahārah al-kalām kelas 5 MINU Buaran? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara (mahārah al-kalām) pada pembelajaran bahasa arab kelas 5 MINU Buaran, serta (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode Storytelling dalam meningkatkan mahārah al-kalām kelas 5 MINU Buaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta verifikasi untuk mendapatkan Kesimpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode Storytelling dalam pembelajaran Bahasa arab telah diterapkan secara rutin dikelas 5 MINU Buaran (2) Faktor pendukung dalam penerapan metode Storytelling antara lain: semangat guru, materi cerita, kemampuan guru, lingkungan belajar yang kondusif, serta rasa percaya diri siswa. Namun masih terdapat hambatan seperti keterbatasan waktu dalam pembelajaran dan Tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Storytelling, Mahārah Al-Kalām | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:49 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |