JUNDURROHMAN, M. NAFI’ (2025) Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Vii C Smp Nu Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2219094_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2219094_Full text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2219094_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya problematika siswa SMP NU Karangdadap dalam memahami pembelajaran kosakata Bahasa Arab, pembelajaran kosakata Bahasa Arab di SMP NU Karangdadap menggunakan metode drill sebagai upaya untuk mempermudah siswa SMP NU Karangdadap memahami dan menghafal kosakata Bahasa Arab dengan baik. Melihat dari kondisi lapangan mengenai penerapan metode drill, diperoleh rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII C di SMP NU Karangdadap? (2) Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII C di SMP NU Karangdadap Pekalongan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab, dan siswa kelas VII C SMP NU Karangdadap. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII C di SMP NU Karangdadap meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan terdiri dari penyiapan modul ajar, materi serta pemilihan metode yang mana metode yang dipilih pada pembelajaran kosakata menggunakan metode drill. Adapun langkah pelaksanaan metode drill diawali dengan guru membaca satu kosakata yang diulang-ulang sebanyak tiga kali selanjutnya siswa menirukan apa yang diucapkan oleh guru. Sedangkan evaluasi pada pembelajaran ini diadakan untuk mengetahui seberapa persen siswa mudah mengingat kosakata dan hafal kosakata yang telah dipelajari. Evaluasi yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di SMP NU Karangdadap yaitu dengan tes lisan serta tes tertulis. Kelebihan dari metode drill adalah memudahkan siswa dalam menghafal dan mengingat kosakata Bahasa Arab, serta dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kekurangan dari metode drill yaitu siswa terkadang merasa bosan dan jika ada kosakata yang panjang siswa merasa kesusahan. Untuk keseluruhan proses pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas VII C SMP NU Karangdadap sudah cukup baik dan sudah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Drill, Kosakata Bahasa Arab, SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:04 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |