Implementasi Media Audio-Visual Berbasis Animasi Doratoon Dalam Pembelajaran Istimā’ Di Mi Miftahul Huda Sokorejo Pekalongan

Risqiana, Naila (2025) Implementasi Media Audio-Visual Berbasis Animasi Doratoon Dalam Pembelajaran Istimā’ Di Mi Miftahul Huda Sokorejo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221054_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221054_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221054_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Risqiana, Naila. 2025. “Implementasi Media Audio-Visual Berbasis Animasi Doratoon dalam Pembelajaran istimā’ Di Mi Miftahul Huda Sokorejo Pekalongan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid pekalongan. Pembimbing: Muhammad Zayinil Akhas, M.Pd. Kata Kunci: Media Animasi Doratoon, Pembelajaran Istimā’, Bahasa Arab. Mahārah istimā’ merupakan pondasi utama dalam pembelajaran bahasa bahasa Arab. Untuk itu berarti māhārāh istimā’ memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama pada tingkatan Madrasah Ibtidaiyah yang masih awal dalam mempelajari dan mengasah kemampuan mereka dalam berbahasa Arab. Dalam mahārah istimā’ memerlukan tingkat konsentrasi tinggi dalam memahami konteks dari materi yang didengar. Akan tetapi minat belajar peserta didik terkadang masih sangat minim dan menjadikan kurangnya fokus dalam memperhatikan materi yang diajarkan. Dengan demikian implementasi media Audio-Visual animasi doratoon dapat melatih skill mahārah istima’, menarik perhatian, dan meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran istimā’ bahasa Arab. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana implementasi media animasi doratoon dalam pembelajaran istimā’ bahasa Arab serta kelebihan dan kekurangan media animasi doratoon sebagai media pembelajaran bahasa Arab dalam mahārah istimā’ di kelas V MI Miftahul Huda Sokorejo Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media Audio-Visual berbasis animasi doratoon dalam pembelajaran istimā’ pada kelas V MI Miftahul Huda Sokorejo Pekalongan. Bagaimana implementasi media animasi doratoon tersebut dalam mengasah skill mahārah istimā’ dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif jenis penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan, serta penelitian ini divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber data. Untuk penelitian lapangan, model triangulasi sumber data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan data pustaka. Hasil dari penelitian ini, implementasi media animasi doratoon dalam pembelajaran istimā’ bahasa Arab kelas V MI Miftahul Huda, Sokorejo Pekalongan dapat menarik perhatian, mengasah skill mahārah istimā’, meningkarkan minat serta hasil belajar peserta didik. Selain itu membantu pendidik dalam menyajikan materi, dan mrngkondisikan kelas saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhas, Muhammad ZayinilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Animasi Doratoon, Pembelajaran Istimā’, Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:14
Last Modified: 04 Jul 2025 09:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item