Fitriyani, Ina (2025) Implementasi Sistem Poin Prestasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Siswi Di Mts Salafiyah Simbangkulon II Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121045_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121045_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2121045_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar dan kurangnya keaktifan siswi di MTs Salafiyah Simbangkulon II Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Banyak siswi yang masih pasif dalam proses pembelajaran serta kurang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, organisasi, maupun kepanitiaan. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak madrasah menerapkan sistem poin prestasi sebagai bentuk penghargaan (reward) untuk memotivasi siswi agar lebih aktif dan berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses perencanaan sistem poin prestasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswi di MTs Salafiyah Simbangkulon II Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, 2) Bagaimana pelaksanaan sistem poin prestasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswi di MTs Salafiyah Simbangkulon II Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, 3) Bagaimana Evaluasi sistem poin prestasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswi di MTs Salafiyah Simbangkulon II Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem poin prestasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswi di MTs Salafiyah Simbangkulon II Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, waka kesiswaan, guru, dan siswi, serta dokumentasi pendukung. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sistem poin prestasi dilakukan melalui rapat dewan guru, dituangkan dalam buku tata tertib madrasah, dan disosialisasikan kepada guru, orang tua, serta siswi. Pelaksanaan sistem ini dilakukan dengan memberikan poin prestasi untuk berbagai capaian, seperti prestasi akademik, keikutsertaan dalam lomba, keaktifan dalam organisasi dan lain-lain. Poin-poin tersebut dicatat dalam buku kendali kelas dan direkap secara berkala. Penerapan sistem ini berdampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar, ditunjukkan oleh meningkatnya semangat belajar, keterlibatan dalam kompetisi dan keaktifan dalam organisasi maupun kegiatan madrasah. Evaluasi sistem poin prestasi dilakukan secara berkala melalui pemantauan Kepala Madrasah, rapat koordinasi guru, laporan rutin guru BK, refleksi hasil capaian siswi serta umpan balik dari berbagai pihak. Evaluasi ini dilakukan setiap akhir tahun ajaran, dan siswi dengan poin tertinggi diberikan reward berupa piagam hingga beasiswa pendidikan. Kendala seperti kurangnya pemahaman dan pencatatan teknis dapat diatasi melalui pendampingan dan perbaikan administrasi. Jadi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem poin prestasi cenderung meningkatkan semangat belajar siswi, menumbuhkan persaingan yang sehat, serta mendorong keaktifan mereka dalam berbagai kegiatan sekolah. Siswi menjadi lebih termotivasi, percaya diri, dan menunjukkan perubahan sikap yang lebih positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Poin Prestasi, Motivasi Belajar, Keaktifan Siswi, Reward | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:16 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |