Pengaruh Citra Perusahaan, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Idul Fitri (Studi Kasus Pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Kedungwuni)

Atiqoh, Sabina Arvy (2025) Pengaruh Citra Perusahaan, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Idul Fitri (Studi Kasus Pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Kedungwuni). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221053_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4221053_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221053_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh persaingan ketat antar lembaga keuangan syariah di Pekalongan, serta kebutuhan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka menjelang hari raya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Citra Perusahaan, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Nasabah dalam menggunakan Produk Tabungan Idul Fitri pada KSPPS BTM Pekalongan Cabang Kedungwuni. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket) kepada nasabah yang menggunakan produk tabungan Idul Fitri di KSPPS BTM PekalonganCabang Kedungwuni sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 26, untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Promosi dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan Produk Tabungan Idul Fitri di KSPPS BTM Pekalongan cabang Kedungwuni. Sementara itu, variabel citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Temuan ini mengindikasikan bahwa nasabah lebih mempertimbangkan aspek promosi yang efektif dan kualitas produk yang sesuai kebutuhan, dibandingkan citra perusahaan, dalam menentukan keputusan menabung. Penelitian ini memberikan implikasi bagi KSPPS BTM Pekalongan Cabang Kedungwuni untuk lebih memfokuskan strategi pada peningkatan kualitas produk dan promosi yang tepat sasaran guna meningkatkan jumlah dan keputusan nasabah. Penelitian ini juga memiliki keterbatasan pada ruang lingkup lokasi dan jumlah responden, sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperluas objek dan variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohmah, SyifaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Promosi, Kualitas Produk, dan Keputusan Nasabah,.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:28
Last Modified: 07 Jul 2025 08:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item