Kamelia, Fina Nikmatul (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Perilaku Disiplin Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah Di MTs Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121172_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121172_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121172_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan perilaku disiplin siswa melalui pembiasaan sholat berjamaah di MTs Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembiasaan ibadah seperti sholat berjamaah dapat menjadi sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membimbing dan membiasakan siswa agar menjalankan sholat berjamaah secara konsisten. Namun, masih ditemukan siswa yang kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan ibadah tersebut. Oleh karena itu, penting untuk meneliti bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan perilaku disiplin melalui pembiasaan sholat berjamaah, di MTs Yapensa Jenggot Kota Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan shalat berjama'ah di MTs Yapensa Jenggot ?, Apa saja faktor penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan siswa untuk shalat berjama’ah di Mts Yapensa Jenggot?. Kemudian untuk Tujuan Penelitian pada Rumusan Masalah ini adalah Untuk Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan siswa dalam melaksanakan shalat berjama'ah di MTs Yapensa Jenggot, Mendeskripsikan apa saja faktor penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam mendisiplinkan siswa untuk shalat berjama'ah di MTs Yapensa Jenggot. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa MTs Yapensa. Selain itu masuk dalam sumber data sekunder. Hasil dari penelitian ini bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan sholat berjamaah sangat berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Guru tidak hanya mengarahkan siswa untuk melaksanakan ibadah secara rutin, tetapi juga memberikan contoh langsung, memotivasi siswa, serta memberikan teguran dan evaluasi bila terdapat pelanggaran. Melalui pembiasaan ini, siswa menjadi terbiasa hadir tepat waktu, menjaga sikap dalam beribadah, dan menunjukkan tanggung jawab terhadap kewajiban keagamaannya. Dengan demikian, pembiasaan sholat berjamaah terbukti menjadi salah satu strategi efektif dalam menumbuhkan perilaku disiplin siswa di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Perilaku Disiplin, Pembiasaan, Sholat Berjamaah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:44 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |