Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Pelayanan, Jenis Alat Ukur Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pedagang Streetfruit (Studi Kasus Sepanjang Jalan Pahlawan Sampai Jalan Raya Bojong)

Vanessa, Grecia A dis (2025) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Pelayanan, Jenis Alat Ukur Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pedagang Streetfruit (Studi Kasus Sepanjang Jalan Pahlawan Sampai Jalan Raya Bojong). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121111_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121111_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4121111_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, pelayanan, jenis alat ukur, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada pedagang streetfruit di sepanjang Jalan Pahlawan hingga Jalan Raya Bojong. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya jumlah pedagang buah kaki lima serta tingginya minat masyarakat dalam mengonsumsi buah dengan harga terjangkau dan akses mudah. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana kelima faktor tersebut membentuk kepuasan konsumen dalam konteks perdagangan buah di skala mikro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada pelanggan tiga lapak utama: Kampir Buah, Mahes Buah, dan pedagang streetfruit mobil di pertigaan Ketitang. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji statistik regresi untuk melihat pengaruh masing-masing variabel independen terhadap kepuasan konsumen sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, jenis alat ukur, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen streetfruit. Sebaliknya, kualitas produk dan pelayanan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, seluruh variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi dari kelima faktor tersebut penting untuk diperhatikan pedagang dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan daya saing usaha streetfruit di kawasan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniawati, FitriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Pelayanan, Jenis Alat Ukur, Lokasi, Kepuasan Pelanggan, Etika Bisnis Islam, streetfood
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Farchina Very Alfi
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:05
Last Modified: 07 Jul 2025 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item