Mustofa, Muhammad Husain (2025) Pengaruh Lingkungan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas Xii Titl Di Smk N 1 Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121285_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (896kB) |
![]() |
Text
2121285_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2121285_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pada era pesatnya media sosial menyebabkan menurunnya karakter sosial siswa karena interaksi tatap muka yang kurang sehingga diperlukannya berbagai upaya yang mampu dalam meningkatkan karakter sosial siswa.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui program PKL dimana di dalam lingkungannya siswa akan mampu berinteraksi secara langsung dengan professional atau ahlinya.Namun keberhasilan pembentukan karakter sosial juga tergantung pada lingkungan PKL dan pendampingan yang diterima oleh siswa sebab bervariasinya lingkungan PKL. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana Lingkungan Praktik Kerja Lapangan Siswa kelas XII TTIL di SMK N 1 Blado Kabupaten Batang? (2)Bagaimana Karakter Sosial Siswa kelas XII TITL di SMK N 1 Blado Kabupaten Batang? (3)Bagaimana Pengaruh Lingkungan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas XII TITL di SMK N 1 Blado Kabupaten Batang?. Tujuan Penelitian ini adalah (1)Untuk Mengidentifikasi Lingkungan Praktik Kerja Lapangan Siswa kelas XII TITL di SMK N 1 Blado Kabupaten Batang(2)Untuk Mendeskripsikan Karakter Sosial Siswa kelas XII TITL di SMK N 1 Blado Kabupaten Batang(3) Untuk Menganalisis Pengaruh Lingkungan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas XII TITL di SMK N 1 Blado Kabupaten Batang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex post facto. Data dikumpulkan melalui penelitian populasi dengan menyebarkan angket kepada seluruh siswa kelas XII TITL SMK N 1 Blado yang berjumlah 66 siswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat analisis serta uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan PKL termasuk nilai yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 83,2 yang menunjukkan bahwa mereka sangat puas dan mendapatkan pengalaman positif vii selama mengikuti kegiatan PKL. Karakter Sosial termasuk nilai yang sangat tinggi dengan nilai rata rata 85,82.Dengan demikian, hasil ini memberikan gambaran bahwa secara umum, peserta didik telah memiliki karakter sosial yang baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa X (lingkungan PKL) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,873 menunjukkan bahwa sebesar 87,3% variasi karakter sosial dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan praktik kerja lapangan, sedangkan sisanya 12,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai lingkungan praktik kerja lapangan maka semakin tinggi pula karakter sosialnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter Sosial, Lingkungan, Praktik Kerja Lapangan, Siswa, Skripsi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:29 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |