Penggunaan Strategi Project Based Learning (Pjbl) Untuk Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Paesan Kedungwuni

Kirani, Intan Sasi (2025) Penggunaan Strategi Project Based Learning (Pjbl) Untuk Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah Paesan Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421052_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2421052_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2421052_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi umum dalam membentuk karakter dan kepribadian anak, termasuk dalam aspek kemandirian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui strategi projek based learning. Kemandirian merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak yang perlu di stimulasi sejak dini agar anak mampu mengelola diri, mengambil keputusan, dan menyelesaikan tugas tanpa ketergantungan. Strategi PjBL dipilih karena pendekatan ini mendorong anak untuk aktif, kreatif, dan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi project based learning untuk menumbuhkan kemandirian anak usia dini di TK Aisyiyah Paesan Kedungwuni, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini di TK tersebut. Metode penelitian yang diguanakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Datayang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarika kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi PjBL efektif dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini. Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan anak dalam melakukan aktivitas mandiri seperti dapat menyelesaikan kegiatan sendiri, berfikir mencari ide, mempresentasikan hasil karya, memakai sepatu, makan, minum dan merapikan mainan dengan mandiri. Strategi PjBL memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar melalui pengalaman langsung, berkolaborasi dengan teman, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, M.A., Dr. Siti Mumun198207012005012003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Project Based Learning, Kemandirian, AUD
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:54
Last Modified: 07 Jul 2025 07:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item