Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Fariana, Heny (2025) Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118004_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118004_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2118004_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fariana, Heny. 2025. Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Nur Khasanah, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Karakter, Mata Pelajaran PAIBP Penelitian ini membahas strategi pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi pelaksanaan pendidikan karakter, dan (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Paninggaran meliputi: (a) Pembiasaan, seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), dan tadarus Al-Qur’an; (b) nasihat, seperti bertutur kata dengan baik, bersikap sopan dan santun kepada guru, orang tua, dan sesama; (c) keteladanan, seperti guru memberikan contoh yang baik dari tingkah laku maupun secara lisan, pelaksanaan salat zuhur berjamaah, datang ke kelas tepat waktu, dan mengucap salam ketika bertemu rekan guru ataupun dengan yang lain. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu keteladanan guru, dukungan keluarga, serta tersedianya fasilitas sekolah yang memadai. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kompetensi guru dalam membina karakter, lemahnya peran serta keluarga dalam pengawasan, serta pengaruh negatif dari lingkungan dan pergaulan peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan bagi guru, kerja sama yang erat antara sekolah dan orang tua, serta penguatan budaya sekolah agar pendidikan karakter dapat berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Karakter, Mata Pelajaran PAIBP
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:05
Last Modified: 08 Jul 2025 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item View Item