Nilai Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah Dalam Program Market Day Di Mis Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan

Kholilah, Nur (2025) Nilai Sidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah Dalam Program Market Day Di Mis Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321100_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (646kB)
[img] Text
2321100_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321100_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penerapan nilai-nilai karakter Islam seperti sidiq, amanah, tabligh, fatanah dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam kegiatan jual-beli sederhana atau kegiatan market day di lingkungan sekolah. Terlihat dari pola perilaku seperti tidak jujur, kurang tanggung jawab, serta kurangnya keahlian berkomunikasi yang baik. Hal ini menjadi perhatian penting dalam pendidikan karakter. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan adalah melalui Pengembangan nilai sidiq, amanah, tabligh, fatanah dalam program market day sebagai sarana praktik kewirausahaan yang berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan nilai sidiq, amanah, tabligh, fatanah dalam kegiatan market day, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat proses Pengembangan nilai sidiq, amanah, tabligh, fatanah dalam program market day yang ada di Kelas V dan VI MIS Samborejo 02 Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ini yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Oleh karena itu dalam analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan nilai sidiq, amanah, tabligh, fatanah dalam program market day dilakukan melalui pembiasaan sikap dan praktik langsung dalam kegiatan jual-beli atau market day yang melibatkan kejujuran, tanggung jawab, komunikasi yang baik, dan kecerdasan dalam menjual produk. Faktor pendukung keberhasilan program ini antara lain antusias peserta didik yang tinggi, teladan guru dan dukungan orang tua. Adapun faktor penghambatnya mencakup kurangnya kemampuan matematis beberapa peserta didik, dan juga kurangnya kesadaran beberapa peserta didik tentang menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, M.Pd, Aan Fadia198905272019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sidiq, Amanah, Tabligh, Fatanah, Market Day.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:28
Last Modified: 09 Jul 2025 02:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item