Faza, M. Adib Karomi (2025) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN EKOLOGI BERBASIS AL-QUR’AN UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS DI SD NEGERI 01 DORO. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50322035 - Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50322035 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50322035 - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pendidikan ekologi berbasis Al-Qur’an dalam mengembangkan kecerdasan naturalis di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE yang mencakup tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Negeri 01 Doro yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, serta pretest dan posttest menggunakan isntrumen tes kecerdasan naturalis. Validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli tafsir, ahli materi, dan ahli modul. Hasil dari angket kebutuhan yang sudah diberikan kepada guru mendapatkan hasil bahwa guru 100% menyatakan bahwa perlu adanya pengembangan modul yang lebih relevan dengan kepedulain lingkungan, berdasarkan hasil angket kebutuhan siswa juga diperoleh prosentase yang tinggi siswa menyatakan setuju dan membutuhkan pengembangan modul dan lembar validasi ahli, tes kecerdasan naturalis yang digunakan untuk pretest dan posttest. Hasil dari validator ahli tafsir didapatkan prosentase 83% menyatakan bahwa modul layak digunakan melalui revisi, hasil dari validator ahli materi mendapatkan prosentase 94% menyatakan bahwa modul layak digunakan tanpa revisi dan hasil dari validator ahli modul mendapatkan prosentase 90% modul dinyatakan layak tanpa revisi. Hasil validasi lapangan menyatakan bahwa modul valid tanpa revisi. Pada tahap implementasi dilakukan pembagian subjek penelitian menjadi dua kelompok dengan yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberikan treatment dan kelas kontrol tidak diberikan treatment. hasil uji validitas angket menunjukan bahwa semua item valid dan uji reabilits menunjukan nilai Cronbach’s Alpha 0,922 (kategori tinggi). Hasil dari uji T menunjukan bahwa terdapat nilai sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dan modul dinyatakan efektif untuk meningkatkan kecerdasan naturalis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Pendidikan Ekologi, Nilai Islam, Al-Qur’an, Kecerdasan Naturalis, Sekolah Dasar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:51 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14126 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |