Rachmi, Fifin Luthfiyah (2020) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V MI Sudirman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
MI Sudirman Pekalongan adalah Madrasah Swasta yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa Pekalongan. Berdasarkan hasil observasi di MI Sudirman Pekalongan dalam pola asuh orang tua terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas V ditemukan beberapa masalah mengenai hasil belajar siswanya yang menurun. Hal ini dimungkinkan karena siswa berasal dari kondisi keluarga dan pola asuh orang tuanya yang berbeda-beda pula. Dimana dalam kehidupan orang tuanya masih banyak ekonomi orang tua di bawah rata-rata.Hasil belajar tidak hanya dipengaruhi faktor internal yang meliputi faktor fisiologis dan psikologis. Tetapi juga dipengaruhi faktor eksternal yang antara lain adalah keluarga. Seperti masalah yang telah terjadi pada siswa kelas V MI Sudirman, terdapat kecenderungan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua masing-masing siswa. Ini dapat dilihat dari hasil nilai sehari-hari siswa di dalam kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V MI Sudirman Pekalongan?. Seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V MI Sudirman?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V MI Sudirman dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas V MI Sudirman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas V yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pada pertemuan pertama penelitian dilakukan sebagai uji coba, sedangkan pada pertemuan kedua sebagai penelitian yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan t-testtelah diperoleh hasil nilai thitung= 0,687 pada tingkat signifikansi 5 % nilai ttabel = 1,696 maka ttest = 0,687 < ttabel 1,696 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Sedangkan perhitungan menggunakan bantuan SPSS diperoleh thitung= 0,706 pada tingkat signifikansi 5 % nilai ttabel = 1,696 maka ttest = 0,706 < ttabel 1,696 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V di MI Sudirman Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh dan Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2021 04:51 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2021 04:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1414 |
Actions (login required)
View Item |