Mailina, Ika (2025) Penerapan Pembelajaran Tahsin Menggunakan Metode Al Hidayah Di SD IT Lukman Hakim Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321173_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321173_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321173_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Tahsin merupakan fondasi penting dalam pendidikan islam, namun masih banyak peserta didik yang menghadapi tantangan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam upaya meningkatkan kemampuan Tahsin peserta didik, SDIT Lukman Hakim Pekalongan telah mengimplementasikan metode Al-Hidayah sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran Tahsin menggunakan metode Al-Hidayah di SDIT Lukman Hakim Pekalongan dan mendeskripsikan tentang faktor pendukung serta penghambat penerapn metode Al-Hidayah. Metode Al-Hidayah merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, bahwa data diperoleh melalui kata-kata, gambar, dan perilaku, bukan angka atau bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis peneliti menggunakan empat langkah utama dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penerapan pembelajaran tahsin menggunakan metode Al-Hidayah di SDIT Lukman Hakim Pekalongan terdiri dari tiga tahap: (1) Perencanaan meliputi, Observasi kemampuan siswa, Pengelompokan siswa sesuai capaian dan target, Pembagian pembimbing, Menyusun target capaian satu semester. (2) pelaksanaan meliputi salam dan apersepsi, pembacaan doa dan adab, proses inti pembelajaran, doa penutup (3) Evaluasi meliputi evaluasi dilakukan setiap semester, dan orangtua yang turut aktif membantu proses pembelajaran di SDIT Lukman Hakim Pekalongan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran tahsin menggunakan metode Al-Hidayah di SDIT Lukman Hakim Pekalongan.(1) Pendukung meliputi Gurunbersertifikasi Al-Hidayah, Dukungan orang tua, Dukungan yayasan.(2) Penghambat meliputi peserta didik kurang konsentrasi, kurangnya aktif orang tua dirumah, ketidak hadiran peserta didik, minimnya metode Al-Hidayah di Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tahsin, Metode Al-Hidayah, Pembelajaran Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2025 07:08 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2025 07:08 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |