Hidayah, Siti Nur (2025) Manajemen Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121121_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121121_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2121121_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam membentuk akhlak peserta didik masih ditemukan problem yakni masih banyak guru di luar sana yang mengalami kesulitan dan belum mampu untuk menjalin hubungan baik dengan peserta didik, dikarenakan kurang adanya interaksi yang baik, termasuk dalam hal berkomunikasi yang kurang efektif. Kebanyakan guru masih kaku dan kurang bersahabat dengan peserta didiknya. Sehingga peserta didik kurang merespon dan mengimplementasikan nilai-nilai akhlak. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan manajemen komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak peserta didik di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak peserta didik di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive yakni guru Pendidikan Agama Islam, perwakilah peserta didik dari kelas VI, VII, dan IX. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik. Analisis data terdapat empat tahapan yaitu: Reduksi data, Penyajian data (Data display), Kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwasannya dalam penerapan manajemen komunikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak peserta didik melalui Pertama, tahapan (1) perencanaan manajemen komunikasi, guru melakukan pendekatan dengan peserta didik, menentukan pesan, menentukan metode, gaya berkomunikasi, menentukan media serta alat komunikasi. (2) Pengorganisasian manajemen komunikasi, guru membagi peran dengan peserta didik, membuat peraturan yang disepakati bersama, guru Pendidikan Agama Islam berkolaborasi dengan guru BK. (3) Pelaksanaan manajemen komunikasi dengan menggunakan bentuk komunikasi hubungan yakni komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan bentuk komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya yakni komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. (4) Pengawasan manajemen komunikasi dengan cara melakukan observasi atau pengamatan. Kedua, faktor pendukung dalam manajemen komunikasi dalam membentuk akhlak pesera didik: kedekatan emosional, memotivasi peserta didik, penyampaian pesan dan pemahaman peserta didik serta lingkungan. Sedangkan, faktor penghambatnya meliputi kesadaran diri dan pemahaman peserta didik dan latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Komunikasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:10 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |