Azkiyani, Azka (2025) Implementasi Media Flashcard Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Dharma Wanita Kedungkebo Kecamatan Karangdadap. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2418052_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2418052_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2418052_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Azkiyani, Azka. 2025. Implementasi Media Flashcard Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Kedungkebo Kecamatan Karangdadap. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi PIAUD Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahmad Wahid. Pembimbing : Rofiqotul Aini, M.Pd. I Kata kunci: Media Flashcard, Literasi Membaca, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini Kemampuan literasi membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini masih tergolong rendah, khususnya dalam mengenal, menyebutkan, dan membedakan bentuk-bentuk huruf hijaiyah. Hal ini berdampak pada kesiapan anak dalam memahami pelajaran agama Islam di jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana implementasi media flashcard dalam meningkatkan literasi membaca huruf hijaiyah pada anak usia 4–5 tahun, dan (2) bagaimana perbedaan peningkatan literasi membaca huruf hijaiyah siswa setelah penggunaan media flashcard. Penelitian dilaksanakan di TK Dharma Wanita Kedungkebo, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan hanya 25% anak tergolong baik, meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Penerapan media flashcard yang divariasikan dengan lagu, permainan, dan aktivitas motorik mampu meningkatkan antusiasme dan partisipasi aktif anak. Media flashcard terbukti efektif meningkatkan kemampuan literasi membaca huruf hijaiyah, sekaligus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna sesuai karakteristik anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Flashcard, Literasi Membaca, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |