Riffianur, Septa Andre (2025) Exploring EFL Students’ Anxiety in Public Speaking Class. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2519066_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2519066_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2519066_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
Abstract
Berbicara di depan umum sering dianggap sebagai tugas yang menantang bagi pelajar EFL, khususnya bagi mahasiswa di semester awal. Penelitian ini difokuskan pada eksplorasi penyebab kecemasan mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Penelitian ini dilakukan di kelas Public Speaking di salah satu universitas di Pekalongan. Penelitian ini melakukan investigasi lebih lanjut tentang faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dan bagaimana siswa mengatasi kecemasan selama kegiatan di kelas Public Speaking. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecemasan siswa dan bagaimana mereka mengatasinya selama kegiatan Public Speaking. Peserta dalam penelitian ini adalah lima pelajar EFL yang terdaftar dalam kelas Public Speaking. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa EFL mengalami kecemasan karena beberapa faktor seperti kurangnya persiapan, takut akan evaluasi negatif, kurangnya kosakata, dan pengalaman negatif di masa lalu. Faktor-faktor ini memicu gejala fisik, mental, dan emosional seperti gemetar, pikiran terhambat, panik, dan malu. Untuk mengatasi kecemasan ini, para siswa menggunakan strategi seperti mengingatkan diri mereka sendiri untuk tenang, melakukan latihan relaksasi, dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum presentasi. Studi ini menyoroti bahwa kecemasan berbicara di depan umum merupakan tantangan nyata dalam pembelajaran EFL, tetapi kecemasan ini dapat dikelola melalui strategi pribadi dan dukungan kelas. Wawasan dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para siswa, guru, dan lembaga menciptakan lingkungan Public Speaking yang lebih mendukung dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Berbicara di depan umum, kecemasan, pelajar EFL | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |