Avihani, Nur (2025) Implementasi P5-Ppra Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Dalam Mengembangkan Kreativitas Dan Kepedulian Terhadap Lingkungan Siswa Kelas Iv Mim Kauman Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321160_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321160_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2321160_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan sejak dini melalui pembelajaran yang dekat dengan lingkungan siswa. Kegiatan P5-PPRA tema gaya hidup berkelanjutan siswa kelas IV MIM Kauman Wiradesa memberikan ruang bagi siswa untuk belajar konsep lingkungan serta menerapkannya melalui ruang kreasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi P5-PPRA tema gaya hidup berkelanjutan tersebut? 2) Bagaimana pengembangan kreativitas melalui P5-PPRA tersebut? dan 3) Bagaimana pengembangan kepedulian terhadap lingkungan melalui P5-PPRA tersebut? Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan implementasi P5-PPRA tema gaya hidup berkelanjutan, serta mendeskripsikan pengembangan kreativitas dan kepedulian terhadap lingkungan siswa kelas IV MIM Kauman Wiradesa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara serta observasi langsung. Data pendukung diperoleh dari dokumentasi yang relevan dengan penelitian. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, implementasi P5-PPRA tema gaya hidup berkelanjutan siswa kelas IV MIM Kauman Wiradesa dilaksanakan melalui tahap perencanaan diantaranya yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan madrasah, penyusunan modul proyek, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, serta pelaporan proyek. Adapun tahap pelaksanaan ditekankan pada alur pelaksanaan proyek yang meliputi pengenalan tema, kontekstual materi dengan masalah, aksi dengan proyek, refleksi siswa dan fasilitator, serta kegiatan vii tindak lanjut. Tahap evaluasi meliputi asesmen formatif dan sumatif yang divariasikan. Kedua, Kegiatan P5-PP5A tema gaya hidup berkelanjutan dapat mengembangkan kreativitas siswa kelas IV di MIM Kauman Wiradesa melalui ruang kreasi karena memenuhi indikator berpikir lancar, fleksibel, dan elaborasi. Sedangkan indikator orisinalitas siswa belum mampu membuat karya yang orisinal karena masih meniru apa yang sudah ada sebelumnya. Ketiga, kegiatan P5-PPRA tema gaya hidup berkelanjutan melalui ruang kreasi dapat mengembangkan kepedulian terhadap lingkungan siswa kelas IV MIM Kauman Wiradesa karena memenuhi indikator mengurangi pemakaian sampah, mengelola sampah berdasarkan jenisnya, edukasi terkait hemat energi, serta pengurangan efek rumah kaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | P5-PPRA, gaya hidup berkelanjutan, kreativitas, kepedulian terhadap lingkungan.. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:26 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |