Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Di SD Negeri Sampangan 01 Kota Pekalongan

Rosyadi, Muhammad Alfin (2025) Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Di SD Negeri Sampangan 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318064_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318064_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2318064_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Toleransi beragama sangat perlu di rawat, agar tidak terjadinya perpecahan, perselisihan antara umat beragama juga terwujudnya rasa cinta sesama makhluk Allah SWT. Rasa cinta terhadap sesama makhluk Allah sangat penting di dalam toleransi karena jika tidak ada toleransi tidak akan terwujud denganbaik sebab mencintai makhluk Allah akan menghargai, mengenal juga memliki rasa kepedulian terhadap semua makhluk ciptaannya. Adapun data yang terdapat siswa muslim dan non muslimnya itu rata-rata dari kelas 1-6. Dilingkungan sekolah seperti juga kawasan masyarakat, memperoleh banyak keberagaman. Dalam penelitian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana peran guru dalam penanaman sikap toleransi beragama Siswa di SD Negeri Sampangan 01 Kota Pekalongan?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman sikap toleransi beragama siswa di SD Negeri Sampangan 01 Kota Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru dalam penanaman sikap toleransi beragama Siswa SD Negeri Sampangan 01 Kota Pekalongan (2) Untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman sikap toleransi beragama siswa di SD Negeri Sampangan 01 Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena secara langsung dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Toleransi Beragama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:41
Last Modified: 14 Jul 2025 02:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item