Hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui program tahfidz al-qur'an bagi siswa kelas agama 2 di MA Sunniyyah Selo kec. Tawangharjo kab. Grobogan

Khakim, M Rifqi Abdul (2025) Hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui program tahfidz al-qur'an bagi siswa kelas agama 2 di MA Sunniyyah Selo kec. Tawangharjo kab. Grobogan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121043_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121043_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121043_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai karakter religius dalam ranah pendidikan formal yaitu sekolah sebagai upaya perbaikan akhlak peserta didik yang saat ini mengalami degradasi moral. Dalam hal ini MA Sunniyyah Selo membentuk program kelas khusus tahfidz yang selain bertujuan untuk mengembangkan minat serta kemampuan peserta didik dalam bidang menghafal Al-Qur’an juga bertujuan sebagai sebuah solusi untuk memperbaiki akhlak atau perilaku peserta didik. Kemudian tambahan informasi dari wawancara langsung dengan Kepala Sekolah MA Sunniyyah Selo bahwa adanya program kelas khusus tahfidz memberikan dampak positif yaitu perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Tahfidz Bagi Siswa Agama 2 di MA Sunniyyah Selo? Bagaimana Hasil Dari Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Program Tahfidz Bagi Siswa Agama 2 di MA Sunniyyah Selo?. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait proses dan hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari MA Sunniyyah Selo dan data sekunder juga didapat dari literatur seperti buku-buku dan jurnal yang terkait dengan penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, pengamatan atau observasi, dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data hingga verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya program kelas khusus tahfidz menjadikan perubahan sikap peserta didik kelas agama 2 di MA Sunniyyah Selo ke arah yang lebih baik. Hal ini didasarkan dengan beberapa tahapan penanaman nilai karakter religius yang telah digunakan yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral doing. Selain itu adanya beberapa metode penanaman nilai karakter religius yaitu metode pembiasaan, keteladanan, dan kisah. Adapun beberapa kegiatan rutin seperti tadarus Al-Qur’an, asmaul husna, dan berdo'a sebelum dimulainya pembelajaran, sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, dan berdo’a setelah selesai melaksanakan pembelajaran menjadikan terbentuknya nilai-nilai karakter religius yaitu iman, syukur, ikhlas, jujur, tawakal, sabar, mawas diri/muhasabah, tanggung jawab, disiplin, amanah dan beradab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius, Program Tahfidz, Kelas agama 2
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Rifqi Abdul Khakim
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:07
Last Modified: 14 Jul 2025 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item