Lukmanto, Kukuh (2025) Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 7p Pada Usaha Pakaian Anak Quiri Kids Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118228_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4118228_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
4118228_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
Abstract
Di indonesia, pertumbuhan perusahaan dalam industri pakaian terus meningkat dari tahun ke tahun dari pakaian anak sampai dewasa. Hal ini dapat terlihat dari lingkungan sekitar masyarakat yang semakin dipenuhi dengan beragam perusahaan yang bergerak di sektor fashion, yang menawarkan berbagai merek dan gaya pakaian. Bisnis yang beroperasi dalam industri ini tidak hanya fokus pada peningkatan kualitas produk mereka, tetapi juga berupaya untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin besar. Fenomena ini mencerminkan kenyataan bahwa pakaian merupakan kebutuhan penting bagi keluarga yang terus meningkat permintaannya seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang diterapkan oleh usaha pakaian anak Quiri Kids serta meninjau kesesuaiannya dengan prinsip etika bisnis Islam. Strategi 7P yang dikaji mencakup produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pemilik, karyawan, konsumen, dan warga sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quiri Kids telah menerapkan elemen bauran pemasaran secara terpadu untuk mendukung keberlanjutan usahanya, seperti penyesuaian desain produk dengan selera pasar, penetapan harga yang kompetitif, serta promosi yang mengedepankan nilai kekeluargaan. Dalam perspektif etika bisnis Islam, strategi pemasaran Quiri Kids sebagian besar telah mencerminkan prinsip-prinsip utama seperti tauhid, keadilan (equilibrium), kebebasan bertanggung jawab (ikhtiyar), dan ihsan. Hal ini tercermin dalam praktik bisnis yang menghindari penipuan, memperhatikan kesejahteraan konsumen dan karyawan, serta menyeimbangkan antara pencapaian keuntungan dan kepedulian sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam strategi pemasaran dapat menjadi landasan kuat dalam
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi bauran pemasaran, 7P, etika bisnis Islam, Quiri Kids, usaha pakaian anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:39 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |