. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Di Mts Al-Utsmani Kajen Pekalongan

Khanna, Rif’atun (2025) . Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Di Mts Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121035 _Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (417kB)
[img] Text
2121035 _Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya atensi dan minat belajar peserta didik yang menyebabkan hasil belajar yang diperoleh peserta didik kurang maksimal. Karena kehidupan peserta didik mts al-utsmani yang dari pagi sampai malam tidak jauh dari yang namanya belajar, mereka seringkali jenuh dan bosan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Sehingga dalam pembelajaran perlu kreativitas dan inovasi seorang guru untuk menciptakan media pembelajaran agar dapat menarik atensi dan minat belajar peserta didik terutama pada materi fiqih. Karena dalam pembelajaran fiqih seringkali mengalami kesulitan dalam penyampaian materi yang masih bersifat abstrak dan sulit dipahami yang dikhawatirkan akan terjadi kekeliruan pemahaman materi oleh peserta didik. Sehingga dibutuhkan penggunaan media yang dapat mempermudah penyampaian materi dan dapat meningkatkan atensi dan minat belajar, sehingga peserta didik dapat memperoleh hasil belajar dengan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis Bagaimana penggunaan media pembelajaran film animasi di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan (2) menganalisis Bagaimana hasil belajar peserta didik pada materi fiqih di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan (3) menganalisis Apakah ada pengaruh penggunaan media film animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi fiqh di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelilitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan analisis dokumen. Sedangkan analisis data meliputi uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test. Hasil dan pembahasan penelitian ini menujukkan bahwa media film animsi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi fiqih (1) Penggunaan film animasi sebagai media pembelajaran materi fiqih terbukti memberikan pengaruh positif pada pemahaman peserta didik, hal ini terbukti Selama kegiatan belajar mengajar, peserta didik terlihat lebih antusias dan lebih fokus dalam mengikuti pelajaran fiqih (2) hasi rata-rata nilai pretest peserta didik sebesar 49,03 sedangkan hasil rata-rata nilai pottest sebesar 80,18 (3) pengaruh simultan antara film animasi terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi fiqih di mts al-utsmani kajen pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorImron Rosyadi, MokhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Film Animasi, Hasil Belajar, Fiqih.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:07
Last Modified: 15 Jul 2025 07:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item