Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Materi Salat Jenazah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII B Di SMP N 1 Kedungwuni

Sari, Sekar Fika (2025) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Materi Salat Jenazah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII B Di SMP N 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121174_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (862kB)
[img] Text
2121174_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121174_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pencapaian pemahaman yang mendalam pada materi Fiqih Ibadah yang bersifat prosedural, khususnya shalat jenazah. Seringkali muncul pertanyaan pedagogis apakah metode pembelajaran yang berorientasi pada praktek, seperti metode demonstrasi, juga efektif dalam membangun pemahaman konseptual siswa, atau hanya berhenti pada kemampuan psikomotorik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi dan menganalisis besaran pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman materi shalat jenazah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kedungwuni yang berjumlah 272 siswa, dan sampel penelitian adalah 32 siswa dari kelas VIII B yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data untuk variabel Metode Demonstrasi (X) menggunakan instrumen angket, sedangkan data untuk variabel Pemahaman Materi (Y) menggunakan instrumen tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana setelah uji prasyarat normalitas dan linearitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan dari metode demonstrasi terhadap pemahaman materi, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi Uji t sebesar 0.000 (< 0.05). Adapun besaran pengaruhnya sangat kuat, di mana hasil uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan nilai 0.965. Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman materi shalat jenazah, dengan kemampuan variabel metode demonstrasi dalam menjelaskan 96.5% variasi pada pemahaman materi siswa. Hal ini menegaskan bahwa metode demonstrasi merupakan faktor prediktor yang sangat dominan dalam membentuk pemahaman siswa pada materi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pemahaman Materi, Salat Jenazah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:22
Last Modified: 15 Jul 2025 06:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item