Maula, Inna Zulfa (2025) Strategi guru pada pembelajaran IPAS kelas iv di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2321182_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (490kB) |
|
|
Text
2321182_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
Pembelajaran IPAS merupakan hasil penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS. Tujuan dari pembelajaran IPAS agar siswa dapat memahami hubungan antar aspek alam dengan aspek social dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru di MIS Karanganyar Tirto dalam proses pembelajaran IPAS guru menerapkan strategi sesuai dengan karakteristik siswa di masing-masing kelas. Strategi yang diterapkan pada pembelajaran IPAS antara lain yaitu pendekatan individual, penyampaian materi, penguatan positif dan pemberian motivasi, pelaksanaan test, dan pembelajaran remedial. Pencapaian hasil belajar IPAS kelas IV di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan belum sepenuhnya mencapai KKM akan tetapi dengan upaya dan solusi yang diberikan oleh guru dan pihak sekolah serta dukungan dari pihak orang tua akan membuat perkembangan siswa baik di bidang akademik dan non akademik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana strategi guru dalam pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan ? 2. Bagaimana pencapaian hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran IPAS setelah mendapat bantuan dari guru kelas ? Dalam rumusan masalah ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pada pembelajaran IPAS di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan, untuk menganalisis upaya dan solusi serta kendala yang dihadapi guru kelas IV pada pembelajaran IPAS di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan, dan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV di MIS Karanganyar Tirto Pekalongan Penelitian ini menggunakan fenomenologi merupakan salah satu jenis dari penelitian kualitatif. Dalam peneletian ini menggunakan sumber data primer dari kepala sekolah MIS Karanganyar Tirto Pekalongan dan Guru Kelas IV. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan laporan dari penelitian lain yang mendukung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun, teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi guru kelas IV pada pembelajaran IPAS di MIS Karanganyar Tirto sesuai dengan karakteristik siswa masing-masing kelas meliputi pendekatan individual, penggunaan media visual dan konkret, pemberian motivasi, penyesuaian tugas dan evaluasi serta pelaksanaan remedial bagi siswa yang belum mencapai KKM. 2) capaian hasil belajar siswa belum sepenuhnya mengalami peningkatan namun strategi guru dan dukungan pihak sekolah dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi, kemampuan, dan keterampilan yang akan menjadi bekal pendidikan tingkat selanjutnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi guru, hasil belajar IPAS | ||||||||
| Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:49 | ||||||||
| Last Modified: | 23 Oct 2025 10:09 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
