Ubadilah, Ubadilah (2025) The implementation of think-pair-share strategy to teach speaking skills at islamic junior high school. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
|
Text
2520091_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (996kB) |
|
|
Text
2520091_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
2520091_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengajaran keterampilan berbicara melalui strategi Think-Pair-Share di tingkat kelas delapan sebuah sekolah menengah pertama di Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur dengan seorang guru bahasa Inggris dan empat siswa, dan kajian dokumen modul pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran difokuskan untuk membantu siswa mengekspresikan ide secara kritis, terlibat dalam diskusi berpasangan, dan mempresentasikan ide mereka dengan percaya diri menggunakan struktur simple present tense. Pelaksanaannya mengikuti tahapan TPS: pertama-tama siswa berpikir secara individu tentang petunjuk yang diberikan (Think), kemudian berdiskusi dengan teman sebangku (Pair), dan akhirnya mempresentasikan ide mereka di depan kelas (Share). Guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, seperti video dan PowerPoint, serta mengadaptasi materi dari sumbersumber digital. Evaluasi dilakukan melalui penilaian formatif, termasuk tes tertulis dan lisan, yang menilai pelafalan, tata bahasa, kosakata, dan kelancaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi TPS secara efektif menumbuhkan partisipasi siswa, membangun kepercayaan diri, dan meningkatkan kemampuan berbicara dalam lingkungan belajar yang terstruktur dan interaktif. Oleh karena itu, TPS dapat dianggap sebagai pendekatan yang tepat dan praktis untuk mendukung pengembangan komunikasi lisan siswa dalam konteks EFL.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Supervisor: |
|
||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Think-pair-share strategy, teaching speaking skills, cooperative learning | ||||||||
| Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
| Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:36 | ||||||||
| Last Modified: | 30 Oct 2025 02:59 | ||||||||
| URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
