The use of “wordwall” in teaching vocabulary for eighth-graders junior high school in Pekalongan

Qolbina, Arina Shofwata (2025) The use of “wordwall” in teaching vocabulary for eighth-graders junior high school in Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521082_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2521082_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2521082_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kosakata merupakan inti dalam pembelajaran Bahasa. Terdapat 3 aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa inggris, yaitu form, meaning, and use. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu siswa agar dapat menguasai ketiga aspek tersebut secara menyeluruh adalah dengan memanfaatkan media wordwall dalam pengajaran kosakata bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplore penggunaan wordwall dalam pengajaran kosakata serta kelebihan dan kekurangan yang didapatkan oleh siswa selama guru mengajarkan kosakata dengan menggunakan wordwall. Penelitian yang melibatkan satu guru dan tiga siswa kelas delapan SMP ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Wordwall dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkan form, meaning, and use dalam pengajaran kosakata bahasa inggris kepada siswa kelas delapan SMP. Penggunaan Wordwall memberikan beberapa kelebihan, yaitu Memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami kosakata, siswa dapat melafalkan kosakata dengan lancar, menciptakan pembelajaran yang interaktif, mendorong motivasi belajar siswa, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kekurangan, di antaranya kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif saat permainan berlangsung serta keterbatasan perangkat teknologi yang menjadi hambatan teknis dan dapat mengganggu efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSofa, Eros MeilinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teaching vocabulary, wordwall, advantages, and disadvantages
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:02
Last Modified: 28 Oct 2025 09:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item