Pengaruh penggunaan media lcd proyektor terhadap minat belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran ips di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan

Ulhaq, Sela Syifa (2025) Pengaruh penggunaan media lcd proyektor terhadap minat belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran ips di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318031_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318031_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2318031_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran LCD Proyektor merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dan membantu guru dalam menunjang proses belajar mengajar. Media LCD Proyektor dapat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan cara menampilkan gambar, video, dan data dari komputer atau laptop disebuah layar proyeksi sehingga dapat menarik minat belajar peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penggunaan media LCD Proyektor di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan sudah dilakukan dengan baik. Namun penulis juga menemukan kendala yang dihadapi sekolah yaitu karena tidak memadahinya fasilitas LCD Proyektor yang terdapat di sekolah. Selain itu penulis juga menemukan gejala-gejala yang berkaitan dengan minat belajar peserta didik yaitu masih ada peserta didik yang berbicara ketika kegiatan belajar sedang berlangsung, masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru ketika kegiatan belajar berlangsung, dan masih ada siswa yang asik sendiri saat proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa minat belajar peserta didik di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan masih rendah. Oleh karena itu maka peneliti akan memaparkan beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media LCD Proyektor di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan? 2) Bagaimana minat belajar siswa terhadap penggunaan Media LCD Proyektor? 3) Apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media LCD Proyektor dengan minat belajar siswa di MI Salafiyah 1 Kauman?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian korelasi artinya penelitian ini akan mencari ada tidaknya pengaruh penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor dalam meningkatkan minat belajar siswa di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh penggunaan media LCD Proyektor terhadap minat belajar siswa di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yaitu kelas IV A, IV B, dan IV C yang berjumlah 115 siswa. Sampel yang peneliti ambil adalah kelas IV C yang berjumlah 34 siswa, pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah Angket atau Kuesioner tertutup yang bersifat langsung dan Dokumentasi. Pengujian instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan uji prasarat hipotesis yang diuji dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran LCD Proyektor dengan Minat Belajar siswa di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana didapatkan nilai sig. 0,042 yang berarti < 0,05, maka dengan demikian dapat dinyatakan model regresi linier memenuhi kriteria linieritas. Hal tersebut mengandung arti bahwa ada pengaruh penggunaan LCD Proyektor terhadap minat belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti “Ada Pengaruh antara Penggunaan Media LCD Proyektor terhadap Minat Belajar Siswa”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media LCD proyektor dan minat belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:07
Last Modified: 23 Oct 2025 09:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item