Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Masyarakat: Study Alumni Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Wonopringgo Di Kelurahan Bener, Kabupaten Pekalongan

Anifan, Muhammad (2025) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Masyarakat: Study Alumni Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Wonopringgo Di Kelurahan Bener, Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121266_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (769kB)
[img] Text
2121266_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121266_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter individu yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional menjadi pusat pembinaan nilai-nilai aqidah, akhlak, dan syari’ah. Alumni pesantren diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan Islam oleh alumni Muhammadiyah Boarding School (MBS) Wonopringgo di Kelurahan Bener, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni MBS Wonopringgo mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan Islam melalui berbagai aktivitas sosial dan keagamaan, seperti menjadi penggerak kegiatan masjid, pengajar TPA, pembina remaja Islam, serta teladan dalam perilaku sehari-hari. Faktor pendukung implementasi antara lain latar belakang pendidikan pesantren, dukungan keluarga dan masyarakat, serta lingkungan sosial yang mendukung. Sementara itu, tantangan yang dihadapi mencakup pengaruh budaya populer, tekanan sosial, serta keterbatasan dukungan institusional secara sistemik. Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya peran alumni pesantren dalam mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam kehidupan sosial masyarakat sebagai upaya memperkuat moralitas dan karakter bangsa di tengah tantangan modernisasi. Namun, untuk meningkatkan efektivitasnya, diperlukan sinergi antara keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan. Keterbatasan penelitian ini vii terletak pada jumlah informan yang terbatas, sehingga diperlukan studi lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan representatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorT'a'rifin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Alumni Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:29
Last Modified: 15 Jul 2025 03:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item