Pengaruh Sales Growth, Profitabilitas, Likuiditas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Sub sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di IDX-IC Tahun 2021-2024)

Marquiza, Zimq (2025) Pengaruh Sales Growth, Profitabilitas, Likuiditas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Sub sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di IDX-IC Tahun 2021-2024). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4321058_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (695kB)
[img] Text
4321058_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nilai perusahaan merupakan capaian utama yang dapat menggambarkan kondisi perusahaan berkenaan pada harga saham. Harga saham yang tinggi dapat mempengaruhi tingkat seberapa besar nilai perusahaan terlihat dari sudut pandang para investor, yang menjadikannya sebagai tolak ukur penting dalam menilai kesejahteraan para pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sales Growth, Profitabilitas, Likuiditas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Penelitian bersumber dari annual report yang diakses melalui www.idx.co.id periode 2021-2024. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang diperoleh sebanyak 39 perusahaan. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Sales Growth, Profitabilitas, Likuiditas dan Keputusan Investasi berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan pengujian secara parsial Sales Growth tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dan Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan, namun Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Kata kunci: Sales Growth, Profitabilitas, Likuiditas, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan  ABSTRACT ZIMQ MARQUIZA. 2025. The Effect of Sales Growth, Profitability, Liquidity and Investment Decisions on Company Value (Empirical Study on Consumer Non-Cyclicals Sector Companies in the Food and Beverage Sub-sector Listed on IDX-IC in 2021-2024) Company value is the main achievement that can describe the condition of the company regarding stock prices. High stock prices can affect the level of how much the company is valued from the perspective of investors, making it an important benchmark in assessing the welfare of shareholders. The purpose of this study was to determine the effect of Sales Growth, Profitability, Liquidity and Investment Decisions on Company Value. This study uses a quantitative method with a causal associative type. The research is sourced from annual reports accessed via www.idx.co.id for the 2021-2024 period. The sampling technique with purposive sampling obtained 39 companies. Assistance testing was carried out using multiple linear regression analysis with the SPSS 30 application. The results of the study showed that simultaneously Sales Growth, Profitability, Liquidity and Investment Decisions had a significant effect on Company Value. While partial testing of Sales Growth had no effect on company value. Profitability and Investment Decisions had a positive and significant effect, but Liquidity had a negative and significant effect on Company Value. Keywords: Sales Growth, Profitability, Liquidity, Investment Decisions, Company Value

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSurur, A TubagusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sales Growth, Profitabilitas, Likuiditas, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:14
Last Modified: 15 Jul 2025 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item