Zidny, M. Irfan (2025) Implementasi Pembelajaran Musik Tradisonal Rebana Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU Desa Karangjompo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2420095_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text
2420095_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
![]() |
Text
2420095_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
Abstract
Pembelajaran melalui musik tradisional adalah pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk merangsang perkebangan karakter pada anak. Musik tradisonal rebana juga mnegjarkan pada anak tentanag kerja sama dengan baik kepada teman sekelompok. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah 1) Bagaimana pembelajaran musik tradisional rebana dalam perkembangan karakter anak usia dini?. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran musik rebana dalam meningkatkan perkembangan karakter pada anak usia dini di TK Muslimat NU Karangjompo?. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pembelajaran musik tradisional rebana dalam perkembangan karakter anak usia dini. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran musik rebana dalam meningkatkan perkembangan karakter pada anak usia dini di TK Muslimat NU Karangjompo . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pendidik di TK Muslimat NU Karngjompo. Data yang diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif dari Mireles dan Huberman, yang mencakup empat langkah dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan 1) pembelajaran musik tradisional rebana di TK Muslimat NU Desa Karangjompo memiliki potensi besar dalam mendukung perkembangan karakter anak usia dini. Berdarkan wawancara pemeblajarn musik rebana menjadi salah satu bentuk kegiatan edukatif yang tidak hanya mengenalkan anak pada seni dan budaya lokal, tetapi juga berfungsi sebagai sarana pembentukan karakter. 2) Faktor implementasi pembelajaran musik tradisonal rebana dalam perkebangan krakter anak usia dini di TK Muslimat NU Karangjompo adalah lingkungan sosial dan budaya desa yang religius dan sangat akrab dengan tradisi rebana, dukungan aktif dari sebagian besar orang tua yang hadir dalam acara pentas seni dan memberikan semangat kepada anak-anak turut memperkuat motivasi dan rasa percaya diri peserta didik dalam belajar rebana. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran musik tradisonal rebana dalam perkebangan karakter anak usia dini di TK Muslimat NU Karangjompo diantaranya adalah Keterbatasan sarana dan prasarana, khususnya jumlah alat musik rebana yang belum mencukupi, keterbatasan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi khusus di bidang musik tradisional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran anak usia dini, Musik Tradisonal Rebana | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:20 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |