Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Akhlak Madzmumah Siswa Kelas 8 SMP Negeri 2 Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Darais, Rena Anzahra (2025) Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Akhlak Madzmumah Siswa Kelas 8 SMP Negeri 2 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121217_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121217_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121217_Lampiran.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Darais, Rena Anzahra. 2025. Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Akhlak Madzmumah Siswa Kelas 8 SMP Negeri 2 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Imam Prayogo Pujiono, M. Kom. Kata Kunci: Aplikasi TikTok, Akhlak Madzmumah Perkembangan teknologi digital telah menjadikan media sosial, khususnya TikTok, sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja, termasuk siswa sekolah menengah pertama. Meskipun menawarkan manfaat sebagai media hiburan dan edukasi, TikTok juga menimbulkan kekhawatiran terkait potensi pengaruhnya terhadap akhlak siswa. Fenomena ini, yang teramati di lingkungan sekolah, mendasari urgensi untuk meneliti bagaimana intensitas penggunaan TikTok dapat memengaruhi kondisi akhlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap akhlak madzmumah siswa di SMP Negeri 2 Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Untuk mencapai tujuan tersebut, rumusan masalah penelitian ini mencakup: (1) bagaimana tingkat penggunaan aplikasi TikTok siswa, (2) bagaimana kondisi akhlak madzmumah siswa, dan (3) apakah terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap akhlak madzmumah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 70 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Wonokerto sebagai responden, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria spesifik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, setelah melalui uji instrumen (validitas dan reliabilitas) dan uji asumsi klasik (normalitas dan linearitas), dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan aplikasi TikTok oleh siswa tergolong tinggi, dengan 50% responden berada pada kategori tinggi. Sementara itu, kondisi akhlak madzmumah siswa umumnya berada dalam kategori sedang, dengan 38,6% responden pada kategori tersebut. Analisis regresi lebih lanjut mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap akhlak madzmumah siswa (nilai signifikansi 0,014 < 0,05). Ini berarti, semakin tinggi intensitas penggunaan TikTok, semakin rendah kecenderungan siswa untuk menunjukkan akhlak madzmumah. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa intensitas penggunaan TikTok tidak secara langsung meningkatkan akhlak madzmumah siswa dalam konteks ini, dan justru menunjukkan arah hubungan yang berlawanan. Hal ini membuka ruang untuk faktor penyeimbang lain. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dan bimbingan berkelanjutan dari orang tua dan guru agar siswa dapat menggunakan media sosial secara bijak dan menguatkan pembentukan karakter serta akhlak sesuai nilai-nilai moral dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPujiono, Imam PrayogoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok, Akhlak Madzmumah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:45
Last Modified: 15 Jul 2025 08:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item