Pengembangan Media Pembelajaran “Frowakib” Berbasis Power Point Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di Asrama Darul Ilmi Boarding School Gapuro Batang

Purnomo, Didi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran “Frowakib” Berbasis Power Point Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di Asrama Darul Ilmi Boarding School Gapuro Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221103_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2221103_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221103_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran pada zaman sekarang masih ada yang menggunakan metode ceramah dan membaca buku paket, padahal hal tersebut membuat sebagian besar peserta didik jenuh dan bosan dalam belajar. Hal tersebut jika tejadi terus menerus maka akan berdampak pada hasil belajarnya. Dalam hal tersebut pendidik ditekankan untuk membuat proses pembelajaran anak menjadi menyenangkan dan lebih semangat sehingga membuat nilai hasil belajarnya meningkat. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimana pola pengembaangan media pembelajaran “frowakib”. (2) bagaimana hasil efektivitas media pembelajaran frowakib. Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui pola pengembangan prototipe produk pengembangan media pembelajaran “frowakib”. (2) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran “frowakib” pada Siswa Kelas VII di Asrama Darul Ilmi Boarding School Gapuro Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang mengusung proses pengembangan milik ADDIE dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas VII di Asrama Darul Ilmi Boarding School Gapuro Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik utama berupa angket dan skoring angket, kemudian Pengumpulan data pendukung dapat menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data proses pengembangan produk serta analisis data kelayakan produk yang dihasilkan. Hasil penelitian pengembangan ini menggunakan R&D (1) yang terdapat 5 Tahapan yakni Analisis, Desain Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi .Uji kelayakan Media Pembelajaran Interaktif “FROWAKIB” berdasarkan penilaian (2) Ahli media memperoleh skor 77, dan hasil validasi materi memperoleh skor 88. Adapun hasil belajar peserta didik pembelajaran bahasa arab tanpa menggunakan media dengan menggunakan media pembelajaran frowakib berbasis power point interaktif cukup signifikan, rata-rata nilai peserta didik tanpa media pembelajaran yakni 39,2 sedangkan nilai rata-rata peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran frowakib berbasis power point interaktif yakni 98,8, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran frowakib berbasis power point interaktif lebih baik dan efektif dari pada peserta didik dalam pembelajaran tanpa menggunakan media. Yang mana artinya media baru jauh berpengaruh baik terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhas, Muhammad Zayinil199101232019031008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran FROWAKIB.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:42
Last Modified: 15 Jul 2025 08:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item