Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Arab Di Kelas Unggulan MTs N 1 Pemalang

KHUSNA, INDY NAHDLIYAH (2025) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Arab Di Kelas Unggulan MTs N 1 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221034_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221034_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat pendidikan. Lingkungan di sekitar siswa dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, dengan memberikan konteks nyata yang mendukung proses penguasaan bahasa. Studi ini menggunakan metode kualitatif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen di salah satu sekolah yaitu MTs N 1 Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Lingkungan, baik fisik maupun sosial, menyediakan berbagai konteks autentik yang memperkaya kosakata dan pemahaman budaya Arab. Strategi pembelajaran yang mengintegrasikan elemen lingkungan, seperti penggunaan benda- benda di sekitar, media visual, dan interaksi sosial, terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Hasil penelitian sebelum dan sesudah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang saya temui meliputi setelah menerapkan pemanfaatan lingkungan, siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi Pembelajaran, proses belajar lebih interaktif, siswa lebih aktif terlibat dalam kegiatan belajar, siswa juga ,mengembangkan keterampilan praktis yang terkait dengan materi yang dipelajari. Jauh berbeda dengan sebelumnya siswa cenderung pasif dan kurang memahami beberapa konsep yang diajarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhas, Muhammad Zayinil199101232019031008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:33
Last Modified: 16 Jul 2025 08:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item