Analisis faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangkai huruf arab pada mata pelajaran bahasa arab di SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap kabupaten Pekalongan

Itroh, Akmatul Ifwatil (2020) Analisis faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangkai huruf arab pada mata pelajaran bahasa arab di SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran maharah kitabah mengalami kendala atau permasalahan dalam prakteknya. Masalah yang dihadapi adalah banyak siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam hal menulis (maharah kitabah) bahasa Arab, tulisan yang kurang rapi dan sulit dibaca serta kurangnya motivasi dan minat siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Kesulitan ini dikarenakan perbedaan latar pendidikan sebelumnya. Kebanyakan siswa SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan merupakan lulusan dari SD, yang tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Arab sebelumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses pembelajaran maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, apa saja faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangkai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dan bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam merangkai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui proses pembelajaran maharah kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan siswa dalam merangakai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui solusi dari kesulitan siswa dalam merangkai huruf Arab pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan langkah permulaan dengan proses pengolahan dilapangan dan langkah lanjut dengan penafsiran data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah problematika pada pembelajaran bahasa Arab terdapat dua kategori yaitu problem lingusitik dan non linguistik. Problem linguistik sendiri adalah siswa kurang mengenali bentuk tulisan huruf Arab, siswa kesulitan dalam merangkai huruf Arab, dan siswa masih kesulitan untuk membedakan huruf berdiri sendiri dengan huruf disambung. Sedangkan untuk problem non lingusitik sendiri adalah adanya latar belakang pendidikan siswa sebelum masuk SMP Nahdlatul Ulama Karangdadap Kabupaten Pekalongan, minat dan motivasi, materi yang banyak dan sulit, alokasi waktu yang kurang, serta lingkungan yang tidak mendukung. Adapun solusi atau upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problem tersebut, diantaranya : memberi motivasi, guru memberikan pendampingan khusus, guru memberikan tugas latihan menulis kepada masing-masing siswa, memberikan perhatian lebih kepada siswa yang kesulitan belajar bahasa Arab, guru memberikan variasi mengajar agar lebih menarik dan mempermudah siswa dalam belajar. Sedangkan solusi siswa, bertanya dan berusaha fokus dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Maharah Kitabah dan Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:36
Last Modified: 10 Jun 2021 02:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item