Implementasi Metode Imla’ Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Di Msi 05 Sampangan Pekalongan

Hidayatullah, Syahrul (2025) Implementasi Metode Imla’ Dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Di Msi 05 Sampangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221035_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (887kB)
[img] Text
2221035_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221035_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Hidayatullah, Syahrul. 2025. Implementasi Metode Imla’ dalam Pembelajaran Maharah Kitabah di MSI 05 Sampangan Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Dr. Abdul Basith, M.Pd. Di MSI 05 Sampangan Pekalongan, keterampilan menulis bahasa Arab peserta didik kelas V membutuhkan perhatian lebih, terutama dalam penulisan huruf hija’iyyah dan penggunaan harakat yang tepat. Hal ini diperparah dengan anggapan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa asing yang sulit dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu metode yang sudah diterapkan adalah metode imla’, yakni metode menulis berdasarkan dikte pendidik untuk melatih ketepatan dan konsistensi tulisan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah di MSI 05 Sampangan Pekalongan? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah di MSI 05 Sampangan Pekalongan? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah di MSI 05 Sampangan Pekalongan serta mendeskripsikan kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah di MSI 05 Sampangan Pekalongan sudah baik dalam melatih peserta didik menulis huruf Arab dengan tepat, serta mampu meningkatkan daya ingat, kemampuan mendengar, dan keterampilan menyambung huruf hija’iyyah. Implementasi ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan metode imla’, pendidik telah menyusun RPP yang mencakup tujuan, materi, dan waktu pelaksanaan. Tujuan utamanya adalah melatih peserta didik menulis huruf Arab, terutama huruf hija’iyyah, baik terpisah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Imla’, Pembelajaran Maharah Kitabah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:40
Last Modified: 16 Jul 2025 02:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item