Fauziah, Rifa (2025) Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Program P5PPRA Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di MIS Karanganyar Tirto. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321032_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
2321032_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
Abstract
Pembentukan karakter peduli lingkungan sangat penting diterapkan sejak dini agar siswa bisa bertanggung jawab terhadap lingkungan serta bisa menjaga lingkungan sekitar. Pada observasi awal di MIS Karanganyar Tirto terdapat siswa yang masih membuang sampah sembarangan dan kemampuan peserta didik membuang sampah antara sampah kering dan sampah basah juga masih rendah hal ini diterapkannya P5PPRA tema gaya hidup berkelanjutan dapat membentuk karakter peduli lingkungan siswa. Adapun Rumusan Masalah ini adalah Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada program P5PPRA tema gaya hidup berkelanjutan di MIS Karanganyar Tirto, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada program P5PPRA Tema gaya hidup berkelanjutan di MIS Karanganyar Tirto. Dan Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada program P5PPRA Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di MIS Karanganyar Tirto dan Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat nya dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada program P5PPRA tema gaya hidup berkelanjutan di MIS Karanganyar Tirto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan mengenai peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada program P5PPRA tema gaya hidup berkelanjutan di MIS Karanganyar Tirto dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi Data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada program P5PPRA tema gaya hidup berkelanjutan di MIS Karanganyar Tirto sudah melakukan dan menerapkan perannya sebagai; (1.) Guru sebagai pendidik (digugu dan ditiru) (2.) Guru sebagai penasehat (kegiatan langsung) (3.) Guru sebagai pengelola (kondisi) (4.) Guru sebagai teladan (5.) Guru sebagai fasilitator yang kreatif dan inovatif. Adapun faktor pendukungnya yaitu minat dan semangat siswa yang meningkat, peran orang tua di rumah, fasilitas yang mendukung. Faktor penghambatnya siswa perlu diingatkan untuk peduli terhadap lingkungan, kurangnya kedisiplinan dan konsistensi dari siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | P5 PPRA, Gaya Hidup Berkelanjutan, Peduli Lingkungan. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:07 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |