Listyana, Sofia (2020) Implementasi metode langsungdalam meningkatkan keterampilanberbicara (maharah kalam) siswa kelas xima Darussalam Subah Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
pendidikan peserta didik . Mata pelajaran bahasa Arab juga diajarkan di Madrasah Aliyah Darussalam Subah Batang dengan berpedoman pada LKS, dan juga dibantu dengan buku paket. Pembelajaran keterampilan berbicara (maharah kalam) dengan metode langsung sudah diterapkan di MA Darussalan Subah Batang khususnya pada kelas XI IPS 2. Menurut guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab, siswa belum maksimal dalam pembelajaran maharah kalam, hal ini dapat terlihat ketika beliau memberikan evaluasi harian. Realitas menunjukkan bahwa yang menyebabkan rendahnya kemahiran berbicara siswa kelas XI MA Darussalam Subah adalah kurangnya kosa kata bahasa Arab yang dikuasai oleh siswa,minimnya media yang digunakan oleh guru,latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda dan juga lingkungan bahasa (Bi’ah Lughawiyah) yang kurang mendukung. Hal ini menjadi fokus masalah bagi peneliti. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian mengenai Implementasi Metode Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara ( Maharah Kalam) Siswa Kelas XI MA Darussalam Subah Batang. Berdasarkan pemaparan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :(1) Bagaimana implementasi metode langsung dalam meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al- kalam) siswa kelas XI MA Darussalam Subah Batang? (2) Apa saja kelemahan dan kelebihan implementasi metode langsung dalam meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas XI MA Darussalam Subah Batang?. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: (1)PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanimplementasiMetodeLangsung dalam meningkatkankemampuanberbicarasiswakelas XI MA Darussalam Subah Batang (2) Untuk mengetahui apa saja kelemahan dan kelebihan implementasi metode langsung dalam meningkatan keterampilanberbicarasiswakelas XI MA Darussalam Batang. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan Bagi guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab untuk menggunakan metode langsung dalam proses pembelajaran. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research), sedangkanuntukpendekatannyaadalahKualitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teknik wawancara, teknik observasi teknik dokumentasi dn teknik analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode langsung Dalam meningkatkan Keterampilan Berbicara Maharah Kalam Siswa Kelas XI MA Darussalam Subah Batang sudah baik dan berjalan sesuai langkah-langkah yang diterapkan. Implementasi metode langsung ini mecakup tujuan,materi,pelaksanaan metode, media pembelajaran dan juga evaluasi pembelajaran.Mereka begitu antusias dan merasa senang karena biasanya pembelajaran sedikit membosankan dan terasa jenuh dan secara tidak langsung perbendaharaan kosa kata siswa meningkat dan juga sudah terbiasa berdialog menggunkan bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Langsung, Keterampilan Berbicara(Maharah Kalam | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jun 2021 03:39 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jun 2021 03:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1447 |
Actions (login required)
View Item |