Penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradat angka bahasa arab di SMP Islam Pegandon kabupaten Pekalongan

Jannah, Hidayatul (2020) Penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradat angka bahasa arab di SMP Islam Pegandon kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai upaya guru dalam memudahkan dan memahamkan siswanya pada pelajaran bahasa Arab, guru bahasa Arab di SMP Islam Pegandon, memberikan materi mufradātangka dengan sebuah media permainan ular tangga. Namun pada praktiknya, media yang diterapkan tersebut, masih tergolong sederhana, belum terdapat banyak variasi dan belum terdapat tingkatan atau tahapan dalam permainan baik dari kategori mudah, sedang dan sulit, dan dalam pembelajaran mufradātangkanya siswa hanya diminta untuk menyebutkan bahasa Arab dari nomor yang tertera pada papan permainan ular tangga, sehingga siswa hanya menguasai simbol angka maupun mufradāt-nya saja tanpa mengetahui bagaimana penggunaannya dalam komunikasi yang sebenarnya. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: Bagaimana penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradāt angka bahasa Arab di SMP Islam PegandonKabupaten Pekalongan?Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami mufradāt angka bahasa Arabdi SMP Islam PegandonKabupaten Pekalongan?Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradāt angka bahasa Arab di SMP Islam PegandonKabupaten Pekalongan? Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianlapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan danverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradāt angka bahasa Arab di SMP Islam Pegandon Kabupaten Pekalongan dimulai dengan guru memberikan mufradā tangka untuk dipelajari siswa, kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan menjelaskan langkah-langkah permainan, selanjutnya guru menginstruksikan siswa untuk memulai permainan ular tangga. Melalui media permainanitu, siswa berlatih mengenali symbol angka dan memahami mufradāt dari angka tersebut. Kemampuan siswa dalam memahami mufradāt angka bahasa Arab sudah cukup baik, meskipun beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami bahasa Arab. Kelebihan dari media permainan ini adalah: siswa mengetahui symbol angka Arab dan siswa lebih memahami, serta menguasai mufradāt angka bahasa Arab. Sedangkan kekurangannya adalah: Siswa lebih banyak bermain dengan hal-hal di luar materi pelajaran, kurangnya variasi permainan, dan durasi waktu pembelajaran kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media,PermainanUlarTangga, MufradātAngka
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:56
Last Modified: 10 Jun 2021 03:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item