Yulianti, Rizki Amalia (2020) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1 pembelajaran 3 kelas iv di MI Walisongo Karangdowo 02 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal di MI Walisongo Karangdowo 02, diperoleh keterangan bahwa guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Menurut ibu Tutik Alawiyah selaku guru di kelas IV di MI Walisongo Karangdowo 02, dengan membawa langsung siswa pada lingkungan akan lebih membuat siswa paham dengan materi yang disampaikan. Misalnya pada buku tema 3 peduli terhadap makhluk hidup subtema 1 hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku, siswa diminta untuk mengenal berbagai tumbuhan dan cara merawatnya agar berguna bagi makhluk hidup. Hal tersebut menunjukkan lingkungan bisa digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1 pembelajaran 3 kelas IV di MI Walisongo Karangdowo 02?, Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dari pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1 pembelajaran 3 kelas IV di MI Walisongo Karangdowo 02? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data model Miles dan Hiberman dengan melalui tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Walisongo Karangdowo 02, terutama lingkungan sekitar sekolah berperan penting dalam pembelajaran. Dengan menggunakan sumber belajar di lingkungan dan media sederhana yang ada di lingkungan sekolah dapat menumbuhkan kreatifitas siswa. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu faktor pendukung antara lain persiapan matang yang dilakukan guru sebelum memanfaatkan sumber belajar lingkungan, Kreatifitas guru dalam menggunakan sumber belajar, Semangat dan kesungguhan yang ada dalam diri siswa dapat mendukung proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu beberapa anak ada yang tidak fokus mengikuti pembelajaran diluar kelas dan keadaan lingkungan sekolah yang kurang lengkap dengan berbagai macam jenis tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | : Sumber Belajar, Lingkungan, Pembelajaran Tematik | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:06 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1458 |
Actions (login required)
View Item |